Kamis, 11 Oktober 2012

Tugas TI Microsoft Office


RESUME
TEKNOLOGI INFORMASI

Diajukan untuk memenuhi syarat Akademik
Jurusan Teknik Perencaanaan Wilayah dan Kota
Fakultas Teknik
Universitas Diponegoro



Dosen :
Pangi ST
Widjanarko ST

Disusun Oleh :
HANITA UTAMI PUTRI
21040112060065


JURUSAN PERENCANAAN WILAYAH dan KOTA
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS DIPONEGORO
SEMARANG

2012

1 PENDAHULUAN

MICROSOFT WORD
            Microsoft Word merupakan program pengolah kata yang tergabung dalam satu paket Microsoft Office. Perangkat lunak ini dapat digunakan untuk keperluan tulis-menulis dengan penambahan fitur seperti pengaturan format tampilan huruf dan paragraf, penyisipan gambar, penyisipan tabel, dan fungsi-fungsi lanjut lain seperti pengujian kesalahan tata bahasa dan intregasi dengan format dokumen lain.
            Microsoft word dapat digunakan untuk membuat laporan, menulis surat, membuat buletin, membuat label surat, menulis jurnal ilmiah, membuat koran, dan lain sebagainya. Selain Microsoft Word, perangkat lunak yang termasuk dalam jenis pengolah kata adalah AmiPro, WordStar, StarOffice, AbiWord, dan sebagianya. Untuk dapat menyusun suatu laporan secara otomatis dengan memanfaatkan tools dalam Microsoft Word, terlebih dahulu dibuat struktur laporan (outline). Tools yang digunakan untuk membuat sebuah outline pada Microsoft Word antara lain Multilevel List, Heading Styles, Insert Caption, Document Map, dan Table of Contents. Tahap pertama yang dilakukan adalah aktifkan Document Map dari Menu Bar kemudian berikan tanda cek pada Document Map.

MICROSOFT EXCEL
            Microsoft Excel merupakan program aplikasi spreadsheet yang tergabung dalam satu paket Microsoft Office yaitu program yang digunakan untuk melakukan perhitungan seperti dalam pembuatan laporan data statistik suatu wilayah, keuangan, neraca perusahaan maupun presentasi laporan kemajuan sebuah perusahaan atau wilayah berdasarkan statistik yang diwujudkan dalam gambar grafik atau diagram.
            Sebagai perangkat lunak, spreadsheet memiliki berbagi fungsi lanjut dibanding lembar kerja tradisional (non elektronik), seperti grafik, fungsi aritmatis, berbagai jenis formula, dan lain sebagainya. Program excel juga mengenal beberapa format dokumen worksheet atau database dari program aplikasi lain seperti Lotus, Quarto Pro (for DOS atau WIN), dBase, Gnumeric, dan lain sebagainya. Kemampuan Excel ini dapat digunakan untuk mengkonversikan file “Worksheet” yang sebelumnya menggunakan program aplikasi “Spreadsheet” lainnya.


MICROSOFT POWERPOINT
            Microsoft Powerpoint merupakan program aplikasi yang digunakan untuk membuat slide presentasi. Perangkat lunak ini memberi kemudahan dalam mendesign slide demi slide dengan memberikan efek animasi yang dapat menarik perhatian yang akan dipresentasikan. Microsoft Powerpoint merupakan bagian dari satu paket program dari Microsoft Office. Sama halnya pada program aplikasi lainnya, Powerpoint dapat diakses dengan menjalankan :
·         Pada taskbar menu Start > Program > klik menu Microsoft Powerpoint
·         Double klik mouse pada shortcut dalam Desktop, atau
·         Menggunakan toolbar pada program Start up

2    LANGKAH KERJA
MICROSOFT WORD
a.    Multilevel List
Merupakan format numbering yang bertingkat dan dapat digunakan untuk membuat tanda atau nomor bagian-bagian dalam laporan misalnya Sub bab. Untuk menggunakan Multilevel List dalam menyusun sebuah struktur laporan adalah sebagai berikut :
1.    Multilevel List, terdapat pada toolbar Paragraph
2.    Pilih Define New Multilevel List, klik More/Less untuk memunculkan Link Level to Style, dan sebagainya
3.    Atur susunan kerangka laporan dari Multilevel List
4.    Jika semua langkah selesai maka klik OK
5.    Hasil dari langkah-langkah di atas dapat dilihat pada Heading Styles
6.    Tahap selanjutnya adalah mengatur Heading Style
b.    Pengaturan Heading Styles
Setelah pengaturan pada Multilevel List, maka pengaturan Heading Styles dilakukan untuk memilih jenis font, paragraph, dan sebagainya. Langkah-langkah untuk mengatur Heading Style adalah sebagai berikut :
1.    Klik pada bagian pojok style atau Alt+Ctrl+Shift+S
2.    Klik tanda panah pada Heading 1
3.    Pilih Modify :
a.    Formating : pilih font dan ukuran font sesuai dengan kebutuhan
b.    Type teks apakah Bold, Italic, atau Underline sesuaikan dengan kebutuhan
c.    Warna font dapat dipilih di samping Bold, Italic, dan Underline
d.    Format digunakan untuk mengubah font, paragraph, tabs, borders, language, frame, numbering, dan shortcut key
e.    Jika sudah selesai memodifikasi klik OK
4.    Untuk menuliskan sub bab 1,2,3 bisa langsung diklik pada Heading 3
c.    Membuat daftar isi, daftar tabel, dan daftar gambar
Apabila semua laporan telah tersusun berdasarkan masing-masing bab, maka tahap selanjutnya adalah membuat daftar isi. Terkadang penggunaan Microsoft Word, membuat daftar isi, daftar tabel, dan daftar gambar secara manual hal ini akan memakan waktu cukup lama. Dengan menggunakan fasilitas Table of Content maka daftar tersebut dapat dilakukan dengan mudah. Langkah-langkahnya sebagai berikut :
1.    Buka Table of Content dari References kemudian Table of  Content
2.    Pilih salah satu contents yang ada, dan secara otomatis daftar isi akan terisi
3.    Sedangkan pembuatan daftar tabel dan gambar sedikit berbeda dengan memanfaatkan tools Insert Table of Figures
4.    Pada bagian pilihan format untuk menentukan format tabel atau gambar yang diinginkan
5.    Caption table adalah pilihan untuk tabel atau gambar yang akan dibuat daftarnya

MICROSOFT EXCEL
a.    Operasi Dasar Dokumen Excel
1.    Merubah isi sebuah sel
Untuk merubah isi sel, kita harus mengaktifkan sel yang akan kita ubah dengan cara mengklik sel yang akan diubah, atau menggunakan tombol panah pada keyboard hingga sel yang dituju aktif. Selanjutnyakita dapat langsung mengubah isi sel tersebut.
2.    Untuk berpindah ke Worksheet yang berbeda, klik pada daftar sheet yang ada.
3.    Jika sel yang akan diubah tidak tampak karena layar bergulung ke atas, ke bawah, atau ke samping kita dapat menampilkannya dengan melakukan skrol vertical atau skrol horizontal dengan mouse hingga sel yang dicari tampak.
4.    Ukuran kolom dan baris dapat diubah dengan cara mengarahkan mouse pada garis pembatas kolom (untuk mengubah lebar kolom) atau mengarahkan mouse pada garis pembatas baris (untuk merubah tinggi baris). Kemudian tunggu beberapa saat hingga bentuk kursor berubah, selanjutnya geser mouse untuk merubah ukuran kolom atau baris.
5.    Untuk membentuk sebuah range (kumpulan sel), kita dapat menyorot dari salah satu ujung sel kemudian mengarahkannya (tekan tombol kiri mouse lalu geser) ke ujung yang berlawanan
6.    Jika diperlukan, kita dapat menggabungkan dua atau lebih sel dengan posisi berturut dengan cara melakukan proses Merge Cells, klik kanan pada range yang terbentuk, pilih Format Cells kemudian pilih Alignment, klik pada Option Merge Cells.
7.    Untuk memindahkan sebuah range, kita dapat menggeser range yang terbentuk ke arah yang diinginkan.
b.    Cara memasukkan rumus
Ada dua cara dalam menggunakan rumus yaitu dengan cara mengetikkan langsung dan dengan menggunakan fasilitas function library yang terdapat pada menu Formulas. Jika dengan menggunakan cara pertama maka rumus harus diawali dengan sama dengan (=) kemudian diikuti rumusnya, sedangkan jika memakai cara yang kedua maka ada panduan untuk menggunakannya. Sebagai contoh menggunakan cara mengetikkan langsung, langkahnya sebagai berikut :








1.    Ketik data pada lembar kerja seperti pada gambar dibawah ini
Gambar 1. Lembar Kerja
2.    Isilah rumus pada seperti dibawa ini :
􀂃 Umur paling rendah (D13) : =MIN(D4:D12)
􀂃 Umur paling tinggi (D14) : =MAX(D4:D12)
􀂃 Umur rata-rata (D15) : =AVERAGE(D4:D12)
􀂃 Jumlah pasien (D16) : =COUNT(D4:D12)
􀂃Jumlah pasien penderita penyakit desentri (D17) :
     =COUNTIF(C4:C12,”Desentri”)
3.    Hasil dari pemberian rumus diatas yaitu seperti pada gambar berikut :
                                               Gambar 2. Hasil Pemberian Rumus
Apabila menggunakan cara fasilitas function library yang terdapat pada menu Formulas, maka caranya adalah dengan menuliskan operator simbol pada Insert Function kemudian sorot bagian sel yang akan dihitung setelah itu tekan tombol enter.

MICROSOFT POWERPOINT
a.    Mengatur Layout Presentasi
1.    Buka kembali slides presentasi yang sudah pernah dibuat atau buka lembar kerja baru dengan menekan tombol Ctrl+N
2.    Klik Tab menu Home > Layout > Title and Content, perhatikan perubahannya
3.    Terpakan untuk layout dan slide yang lain sesuai kebutuhan
4.    Untuk memilih desain tampilan, klik Tab menu Design kemudian klik menu More Themes
5.    Pada kotak dialog Themes yang muncul pilih jenis themesnya, misalnya Opulent. Perhatikan perubahannya, maka sekarang semua slide mempunyai themes yang sama
6.    Untuk memberikan desain themes yang sama untuk semua slide, klik kanan pada jenis Themes Oriel  kemudian klik Apply to Selected Slides
b.    Menghapus Slide
Untuk menghapus slide dengan cara pilih slide yang akan dihapus lalu klik kanan Slides kemudian klik Delete Slide.
Gambar 3. Menghapus Slide
c.    Membuat Tombol Navigasi Next
Untuk membuat tombol navigasi Next, klik ribbon Home pilih Shapes kemudian klik Action Button Next. Setelah itu, arahkan mouse ke pojok kanan bawah, klik-tahan-geser untuk mengatur ukuran tombol, kemudian klik OK.
Gambar 4. Navigasi Next
d.    Membuat Tombol Navigasi Back
      Untuk membuat tombol navigasi Back, klik ribbon Home pilih Shapes kemudian klik Action Button Back. Setelah itu arahkan mouse ke pojok kiri bawah, klik-tahan-geser untuk mengatur ukuran tombol, kemudian klik OK.
e.    Membuat Hyperlink
      Untuk membuat Hyperlink yaitu salah satu fitur PowerPoint yang mempermudah kita menuju ke slide dengan sekali klik. Caranya, sebagai contoh klik slide 2, kemudian blok bagian mana yang akan dihyperlink. Lalu, arahkan pointer mouse tepat di sepanjang kotak menu yang telah dibuat sesuai dengan kebutuhan, kemudian klik Insert Hyperlink.

3.    KESIMPULAN
·         Microsoft Word, Microsoft Excel, dan Microsoft Powerpoint merupakan satu paket dalam program Microsoft Office.
·         Microsoft Word merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk keperluan tulis-menulis dengan penambahan fitur seperti pengaturan format tampilan huruf dan paragraf, penyisipan gambar, penyisipan tabel, dan fungsi-fungsi lanjut lain seperti pengujian kesalahan tata bahasa dan intregasi dengan format dokumen lain.
·         Microsoft Excel merupakan program aplikasi yaitu program yang digunakan untuk melakukan perhitungan seperti dalam pembuatan laporan data statistik suatu wilayah, keuangan, neraca perusahaan maupun presentasi laporan kemajuan sebuah perusahaan atau wilayah berdasarkan statistik yang diwujudkan dalam gambar grafik atau diagram.
·         Microsoft Powerpoint merupakan program aplikasi yang digunakan untuk membuat slide presentasi. Perangkat lunak ini memberi kemudahan dalam mendesign slide demi slide dengan memberikan efek animasi yang dapat menarik perhatian yang akan dipresentasikan.



4.    DAFTAR PUSTAKA
Modul Teknologi Informasi Spacelab Jurusan Teknik Perencanaan Wilyah dan Kota
http://sutikno.blog.undip.ac.id/files/2011/12/Modul-Microsoft-Excelok.pdf
www.umm.ac.id/files/file/.../Panduan_Microsoft_Word_2007.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar